Lampu Handrem Nyala Terus



Anda mungkin bingung ketika mengendarai mobil tapi indikator lampu handrem menyala, ada beberapa analisa ketika lampu handrem nyala saat anda sedang mengemudi :



  • Cek tuas handrem sudah dilepas atau belum


  • Cek level minyak rem berkurang atau tidak,jika kurang tambahkan oli rem sampai level maximal, ssdsn periksa ada kebocoran minyak rem atau tidak disistem rem

  • Cek Switch handrem, jika switch handrem rusak ganti switch dengan yang baru





readmore »»  

Teknologi Terbaru Pada Mobil # Part II

Teknologi pada bidang otomotif khususnya mobil berkembang dengan pesat, ini bertujuan memudahkan pengemudi dalam berkendara, berikut sistem-sistem dimobil terbaru :

1. Cruise Control
  
 Sistem ini berfungsi untuk menjaga/menstabilkan kecepatan kendaraan secara konstan. sistem nyaman dipakai saat dijalan tol atau jalan yang sepi, ini membantu pengemudi menjaga kecepatan tanpa harus menginjak pedal gas saat berkendara jarak jauh.tombol cruise control biasanya terpasang dibatang kemudi  atau berupa tuas dibawah kemudi. Dan sistem ini terdapat dimobil bersegmen menengah keatas, seperti : Honda Accord,CR-V,Odyssey; Toyota camry, lexus, dll.
     Bila pengendara berada dijalan bebas hambatan 60 km/jam, dengan menghidupkan cruise control akan otomatis berjalan secara konstan dikecepatan 60 km/jam.Sistem ini juga bisa mengurangi konsumsi bahan bakar karena putaran mesin yang stabil, dengan menginjak pedal gas atau rem, maka aktivasi sistem cruise control akan dibatalkan,dan modus berkendara akan normal kembali.Cruise control bekerja dengan membaca sensor kendaraan yang biasanya terletak didriveshaftlas kopel, spedometer, dan tacho meter

2. i-MID (Intelligent-Multi Information Display)
    Perjalanan semakin menyenangkan dengan informasi lengkap yang ditampilkan pada i-MID yang dilengkapi dengan layar 5 inchi yang mudah dipantau untuk menampilkan berbagai informasi seperti konsumsi bahan bakar, pengaturan audio dan dan sistem keamanan kendaraan, hingga dapat menampilkan foto-foto personal sebagai wallpaper. Semua fungsi tersebut dapat dikendalikan langsung dari tombol kontrol yang terdapat di roda stir atau sering disebut Steering Wheel-Mounted Control. Sistem ini terdapat pada mobil-mobil honda yang terbaru

3. Ecological Drive Assist System
 
  Untuk membantu para pengguna Honda Insight dalam menyadari manfaat teknologi mobil tersebut, teknologi terbaru yaitu Ecological Drive Assist System (Eco Assist). Eco Assist menggabungkan beberapa fungsi :

  • Econ Mode : Dengan hanya menyentuh satu tombol, anda dapat menyesuaikan fungsi tenaga mesin yang dikeluarkan, memperpanjang durasi saat posisi mobil diam, meningkatkan penyetruman ulang pada saat turunnya kecepatan dan dapat menghemat energi pada unit AC (Air Conditioner). Hasilnya efisiensi bahan bakar tercapai
  • Guidance Function : Berfungsi untuk menaksir percepatan dan pengereman saat mengemudi. Perubahan warna pada speedometer dapat mengindikasikan efisiensi bahan bakar dari gaya mengemudi. Jika pengemudi mengendarai mobil secara benar , maka lampu akan  menyala hijau yang menandakan pengemudi mencintai lingkungannya, jika lampu pada speedometer menyala blue-green, hal ini menunjukan pengemudi cukup efisien. dan terakhir jika speedometer berwarna biru berarti pengemudi tidak mencintai lingkungannya sama sekali
  • Scoring function : berlokasi ditengah instrument panel. Multi-information display memberikan informasi mengenai angka-angka (scorring function), angka tersebut mengindikasikan tahap efisiensi bahan bakar berdasarkan performa pengemudi.
4. Torque Boost Resonator

Torque Boost Resonator mengubah aliran udara yang tersedor oleh air intake menjadi udara bertekanan tinggi. Aliran campuran udara dan bahan bakar berkecepatan tinggi tersebut menciptakan gerakan udara berputar seperti layaknya efek angin tornado. Efek tersebut menghasilkan tekanan tinggi pada langkah kompresi untuk memberikan torsi dan tenaga kuda yang lebih maksimal. Teknologi ini sudah diterapkan di mesin i-VTEC pada mobil-mobil honda terbaru.


















readmore »»  

Tips Supaya Mobil Umurnya Panjang


Harapan kita saat membeli suatu barang adalah semoga barang yang kita beli awet dan tidak cepat rusak, demikian pula dengan mobil. Mobil layaknya manusia, perlu adanya perawatan rutin agar kondisinya tetap fit. Jika kita menggunakan mobil ala kadarnya tanpa memperhatikan kondisi mobil tersebut jangan heran jika mobil anda sering rewel atau rusak, sebab mobil juga butuh diperhatikan.
Berikut hal yang perlu anda lakukan agar mobil tetap awet, dan umurnya panjang :

  • Sebelum mematikan kontak, sebaiknya matikan dulu semua aksesories mobil seperti : lampu-lampu, radio/tape, AC, Dll. Agar saat kita menghidupkan mesin mobil lagi, tenaga accu tidak terforsir untuk menghidupkan aksesories dan ini dapat memperpanjang umur accu
  • Saat mematikan mesin jangan langsung memutar kunci kontak ke posisi off dan menggeber-geber pedal gas, ini sangat berpengaruh pada pelumasan mesin, sebab saat putaran mesin tinggi mesin membutuhkan pelumasan yang lebih baik, tapi karena mesin langsung dimatikan memskipun masih ada sisa oli didinding boring/silinder, melumasan jadi berkurang.jika ini sering dilakukan maka jangan heran jika silinder mesin cepat aus atau yang sering disebut dengan boring silinder ngantong
  • Jika anda melihat ada tetesan oli didaerah mobil anda, segeralah anda perbaiki atau langsung bawa ke bengkel langganan anda, jika ada tetesan oli tapi anda acuh tidak memperhatikannya maka oli lama-kelamaan akan berkurang dan ini berakibat fatal, karena oli yang fungsinya untuk melumasi mesin dan mendingin kan mesin jumlahnya berkurang dan akibatnya mesin cepat panas dan komponen mesin cepat aus
  • Gantilah oli mesin,transmisi,dan gardan (differential) secara rutin
  • Jika anda menggunakan mobil yang bertransmisi manual, anda harus lebih sensitif akan ketebalan dan kondisi kampas kopling, jika anda merasakan kampas kopling sudah tipis langsung bawa kebengkel dan ganti kampas kopling, 
readmore »»  

Tips Mengatasi Rem Blong Saat Kecepatan Tinggi





Pastinya bahaya jika pada kecepatan tinggi rem mobil yang kita kendarai blong, dan sebagian besar pengemudi panik pada saat kejadian itu, saya akan memberikan tips agar mengurangi resiko kecelakaan seperti itu. hal yang harus kita lakukan saat rem mobil blong adalah

  1. Mejaga diri agar tetap tenang dan jangan panik, sebab jika kita panik maka kita tidak bisa berpikir dan hal ini membahayakan
  2. Membunyikan klakson dan menyalakan lampu hazzard/bahaya, agar pengemudi lain atau orang disekitar anda tahu jika posisi anda dalam keadaan darurat
  3. Untuk mobil manual, anda bisa kurangi kecepatan dan menginjak kopling lalu kurangi persneling secara bertahap (5-4-3-2-1)
  4. Untuk Truk, anda bisa menggunakan Engine Brake (Rem Mesin) lalu kurangi kecepatan dan injak pedal kopling kemudian kurangi gigi persneling secara bertahap (5-4-3-2-1)
  5. Untuk mobil matic (otomatis), kurangi kecepatan anda lalu turunkan tuas persneling ke posisi terendah gigi 1
  6. Setelah kecepatan mobil menurun, lakukan pengereman dengan rem tangan (Handrem), tarik tuas handrem secara perlahan atur tekanan pengereman sampai kecepatan mobil melambat
  7. Amati keadaan sekitar, jika terdapat daerah berumput pada bahu jalan, gunakan jalan berumput tersebut untuk menghentikan mobil
readmore »»  

7 Mobil terunik didunia

Mobil kadang-kadang dibuat tidak hanya sebagai alat transportasi biasa melainkan juga sebagai kendaraan yang tidak biasa baik fungsinya maupun teknologinya.mobil-mobil ini berkonsep ekonomis rekor dunia

1. Mobil terceper didunia
mobil unikBertenaga jet dan ramah lingkungan, juga digunakan untuk kegiatan ekstrem seperti disirkuit offroad ataupun hanya sekedar untuk cari sensasi saja agar masuk dalam daftar rekor.
Mobil ceper ini akan dimasukkan dalam Guinnes Book sebagai kendaraan paling flat atau ceper sedunia.Seberapa ceper? Mobil ini tingginya cuma 19 inchi. Gilanya lagi, sang pembuat Perry Watkins memasang mesin turbin jet dipantat mesinnya.


2. Colim : Caravan yang copotable

mobil unikMobil ini didesain oleh Christian Susana yang merupakan hasil dari gabungan sebuah mobil dari karavan untuk camping . Bagian depannya bisa dicopot-copot, jika sedang tidak untuk camping, dan menjadi sebuah mobil yang kursi penumpangnya 2 orang. Mungkin penampilannya aneh, tapi fleksibelitasnya sangat mengagumkan







3. Limusin terpanjang didunia
mobil unikPanjang Limusin ini 30 meter, jumlah rodanya 26 buah, kursipenumpangnya banyak banget, pemanas jacuzzi, memiliki dek mandi matahari, dan terdapat beberapa tempat tidur dan memiliki sebuah hellipad













4. Peel 50 : Mobil terkecil didunia
mobil unikMobil 3 roda ini memecahkan rekor sebagai mobil terkecil didunia yang akan diproduksi dan bersiap-siap untuk meliuk-liuk ditengah jalan yang macet dikota inggris















5. Evolution : Mobil Super Ekonomis
mobil unikBerbeda dengan mobil yang ekonomis pada umumnya, konsep mobil ini bukan seperti mobil hybrid, tapi berat mobil ini 450 kg. dan Kecepatannya mencapai 160 km/jam dengan mesin turbo diesel 2 silinder. Pintunya juga unik karena letak pintu bukan pada sisi/samping mobil tapi menggunakan pintu sayap dibagian depan








6. Electric : Kendaraan energy-autonomous pertama didunia
mobil unikMobil ini dilengkapi dengan panel surya dan kincir angin sebagai sumber tenaganya dan sebuah plug untuk mencharge ulang tenaga listriknya karena panel surya dan kincir anginnya mampu membawa mobil ini sejauh 14 mil dan tenaga listrik tersebut akan melanjutkan perjalanannya. Harganya sekitar US $31.500 dollar, menurut pers release Venturi














readmore »»  

Cara Memeriksa Kerusakan Motor Starter Mobil

          Motor Starter pada mobil sangatlah penting , jika motor starter mengalami kerusakan mesin mobil tidak akan hidup. Karena pengenkol pertama mesin adalah motor starter, jika motor starter tidak mendapatkan arus listrik yang cukup mesin juga sulit untuk dihidupkan. Berikut saya akan menjelaskan tahapan pemeriksaan motor starter mobil anda jika mengalami kerusakan:
  • Cara memeriksa motor starter 1
  • Cara memeriksa motor starter 2
  • Gejela-gejala kerusakan motor starter
Pengetesan dilakukan saat mesin mobil mati dan dalam melakukan tes berikut jangan melepas motor starter dari mesin atau lebih jelasnya pengetesan dilakukan pada posisi motor starter terpasang dimobil anda

1.   Cara Memeriksa Motor Starter 1
      Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memeriksa tegangan baterai (accu) mobil terisi penuh atau tegangan baterai lebih dari 12 Volt, ini penting jika baterai kurang tegangan atau accu sudah rusak dan mobil anda sulit dihidupkan atau ketika anda menstarter motor starter terdengar bunyi (cethek-cethek) doank dan pada saat itu anda akan berpikir yang bermasalah adalah motor starternya.Jika baterai sudah oke lanjutkan ke langkah berikut ini:
  • Sediakan multimeter dan posisikan pada mode DC volt
  • Tempelkan Lead multimeter warna hitam pada ground/massa (body mesin (besi) yang bersih dari karat dan kotoran) atau langsung tempelkan pada terminal negatif baterai
  • Hubungkan terminal 50 (S) disolenoid motor starter dengan Lead multimeter yang berwarna merah, terus tempelkan Lead merah ini saat pengetesan berlangsung.jika nda masih bingung dimana letak terminal (S) pada motor starter, ada 2 kabel yang menempel dimotor starter yang satu berdiameter besar, kabel ini berhubungan langsung dengan positif baterai dan sering disebut terminal 30 (+).Dan kabel yang satunya kabel berdiameter kecil, ini adalah kabel terminal 50 (S) solenoid motor starter. Kabel ini yang membawa sinyal/arus start dari kunci kontak.
  • Lalu cari rekan 1 orang untuk membantu anda memutar kunci kontak ke posisi start, lalu anda melakukan pengukuran berapa sinyal/arus yang masuk saat mesin distarter
  • a.   Jika kunci kontak bekerja dengan baik, multimeter anda akan terdaftar 10-12 Volt
          b.  Jika Kunci kontak rusak atau kabel dari kunci kontak ke motor starter putus,maka multimeter 
               anda tidak akan mendeteksi adanya tegangan atau 0 Volt
2 . Cara Memeriksa Motor Starter 2
     Berikut tahapan pada cara memeriksa motor starter 2 :
  • Tempelkan Lead multimeter warna merah pada terminal 30 pada motor starter
  • sedangkan Lead multimeter yang berwarna merah dihubungkan pada pusat terminal baterai, jangan pada kabel positif baterai
  • Bila sudah minta seseorang untuk memutar kunci kontak ke posisi "start", dan tugas anda memperhatikan layar multimeter. Sekarang, usahakan mesin jangan sampai hidup tapi penting halnya memutar kunci kontak ke posisi "start" yang bertujuan menguji tegangan yang turun saat motor starter bekerja
  • Multimeter akan menunjukan salah satu hasil dari dua hasil berikut :
          a. Multimeter akan terdaftar 0 volt itu mengidentifikasi tidak adanya tegangan yang drop saat motor 
              starter bekerja
          b. Multimeter menunjukkan biasanya 5 volt atau lebih, dengan hasil itu anda tahu bahwa tegangan 
              dalam rangkaian Drop, berarti kabel motor starter bebas korosi
jika rangkaian kelistrikan motor starter bekerja dengan baik tinggal kita tes motor starter mobil anda rusak atau tidak. pertama-tama lepas motor starter dari mesin mobil, jika sudah tes dinamo starter secara langsung caranya begini broooo :

           a. Siapkan accu yang baik ,kabel jumper 1 set, sambungkan kabel tersebut dari accu ke dinamo
               starter
           b. Kabel merah tempelkan ke terminal 30 starter, kabel hitam tempelkan ke body dinamo (bagian
               besi)
          c. dan sediakan kabel diameter 10 mm sambungkan dari terminal positif baterai ke terminal 50 dinamo
              starter
         d. Jika gigi bending starter bergerak maju dan berputar kencang dinamo starter dalam keadaan baik,
             tapi jika berputar kencang sedangkan gigi bendik tidak mau bergerak maju ada yang rusak dibagian
             dalam komponen dinamo starter.







readmore »»  

Mesin Mobil EFI nyendat, apakah penyebabnya?????

Mobil pada masa kini sudah menggunakan teknologi yang canggih, yang dulunya masih konvesional yaitu masih memakai karburator/karburasi sekarang sudah memakai sistem EFI (Electronic Fuel Injection) yang memiliki kelebihan makin irit,makin efisien, dan makin ramah lingkungan...
Tapi tidak semua orang atau mekanik paham betul akan permasalahan yang akan dihadapkan jika mesin injeksi tersebut trouble,,, misalnya mobil EFI klo buat jalan nyendat-nyendat. Mesin Injeksi nyendat itu memang gampang-gampang sulit, jika anda pemilik mobil atau mekanik jika mengalami kasus tersebut saya sarankan untuk men-tune up mobil anda, dalam tune up sistem aliran bahan bakar, udara, dan pengapian akan dibersihkan dan dikontrol menurut spesifikasi standard mobil tersebut. dari filter udara, busi, filter bensin, celah katup, dll. saya sering menemukan beberapa kejadian saat mentune-up dari spesifikasi busi yang berbeda contoh menurut buku manual harusnya busi dikasi spek NGK BKR6E/DENSO KP20RU tapi dimobil dipasang busi DENSO KP20U-11, walaupun keadaan busi masih bagus jika tidak sesuai dengan spesifikasi busi standar mesin maka mesin akan mbrebet/nyendat-nyendat jika dihidupkan atau waktu akselerasi soalnya jumlah percikan tidak sesuai dari yang diharapkan mesin. Dan jangan lupa membersikan filter bensin yang terdapat didalam tangki bahan bakar, jika sudah lama tidak dibersihkan maka kotoran akan mengumpul dan menempel pada filter bahan bakar.jika sudah ditune up masih aja mbrebet atau nyendat, lakukan hal-hal dibawah ini

  • periksa injektor, jika kotor bersihkan dengan alat ultraviolet injector cleaner
  • periksa kabel busi dan coil pengapian jika pengapian bocor ganti kabel busi dan coil pengapian atau untuk lebih iritnya solasi pada tempat yang bocor tadi
  • cek pompa bensin jika pompa bensin lemah ganti dengan yang baru
  • cek throttle body bersihkan lubang throttle body dengan carb cleaner
readmore »»  

Kabel busi tidak memercikkan bunga api

Pernahkah anda menemui kasus mobil mogok atau mesin mobil tidak hidup karena busi tidak memercikkan api????? jika pernah berarti kita sama... hehehehe...
sekarang saya akan menceritakan kasus yang pernah saya alami dan solusinya. apabila mesin mobil EFI tidak memercikkan api ada beberapa hal yang perlu kita analisa....
pertama : kita cek businya dulu, jika busi jelek langsung ganti dengan yang baru, jika masih tidak
                memercikkan api, lanjutkan ke langkah kedua

kedua    : coba cek coil pengapian dengan coil tester, atau jika mobil anda masih menggunakan delco atau
                distributor cek IC distributornya, jika coil pengapian dan distributor dalam keadaan baik tapi
                masih juga busi tidak memercikkan api, lanjutkan ke langkah ketiga
ketiga    : coba cek socket sensor ckp dengan multimeter, hati-hati jika mengecek socket tersebut jangan
                sampai arus positif ECU berhubungan secara langsung dengan ground/massa karena berakibat
                fatal yaitu ECU kebakar atau ECU rusak/eror. Jika sinyal dari ECU sampai ke sensor CKP masih
                juga gag keluar thu api,,, tenang lanjutkan ke thap yang berikutnya
keempat: periksa sensor CKP, jika magnet pada sensor kotor dengan gram-gram bersihkan dengan lap
                bersih atau semprot dengan kontak cleaner, jika sensor rusak ganti dengan yang baru tapi jika
                sensor masih bagus tapi masih juga gak ngluarin api wah kebangetan banget. saya masih punya 1
                cara lagi lanjutkan ke tahap berikutnya sodara-sodara
kelima   : lepaskan dek timing chain atau timing belt, periksa gear sensor CKP,klo masih belum paham saya
                kasih tau bentuknya brother

Gear Pulse sensor CKP avanza lokal tampak dari depan
Gear Pulse sensor CKP avanza lokal tampak dari belakang
 coba cek gigi pada gear pulse sensor CKP jika giginya aus sebaiknya diganti dengan yang baru dan jangan sampai kebalik saat memasang kembali yang ada simbol "F" pada gear itu menghadap pulley crankshaft jika terbalik maka sensor tidak dapat menerima sinyal yang diberikan oleh geaar tersebut yang akibatnya tidak ada percikan bunga api pada busi dan injektor juga tidak menyemprotkan bahan bakar
readmore »»  

Teknologi Terbaru Pada Mobil


Di era modern ini, mobil-mobil sudah tidak jadul lagi semua serba otomatis, dari mau buka kaca jendela tinggal pencet, mau buka pintu bagasi juga tinggal pencet tombol sekali doank... tapi sekarang saya akan menshare sistem-sistem terbaru yang terdapat dimobil jaman sekarang.....

1. SISTEM ABS (Anti-lock Brake System)
      Sistem ABS adalah Sistem yang terdapat pada rem, sistem ini berfungsi mencegah terjadinya penguncian piston pada rem saat kita ngerem dadakan dan pada jalan yang licin. klo dimobil lama kan masih manual sistem rem cuma ada sistem rem mekanik (yang pake kabel) dan sistem rem hidrolik (yang pake minyak), sistem rem ABS sendiri juga mengacu pada sistem rem hidrolik tapi ditambahkan dengan rangkaian sistem elektronik. jadi sistem ABS terdapat ECU juga untuk mengatur sistem pengereman pada mobil.



2. SISTEM EPS (Electronic Power Steering) 
    Sistem EPS adalah Sistem Kemudi yang dikontrol dengan dinamo electronik. Pada mobil model lama sistem kemudi masih masih manual yang dikontrol dengan bearing yang efeknya ketika kita memutar stir itu berat, dan kebanyakan mobil yang ada disekitar kita masih memakai sistem power steering hidrolik (minyak). Keuntungan memakai sistem EPS dibanding memakai sistem power steering hidrolik adalah gerakan stir lebih responsif, perawatan juga lebih mudah dan simpel. sistem EPS dikontrol dengan ECU dan cara kerja EPS tersebut sebagai berikut :

  • Pada saat pengendara memutar stir,sebuah sensor torsi kemudi mendapat sinyal posisi dan kecepatan  rotasi dari roda kemudi
  • Sinyal dari sensor torsi kemudi tersebut dikirim ke EPS ECU (Electronic Control Unit), bersamaan sinyal lainnya dari ECM (Electronic Control Module)Seperti kecepatan kendaraan dan kecepatan mesin
  • EPS ECU memerintah motor listrik untuk memberikan kemampuan daya putar tambahan pada steering rack dalam jumlah tertentu yang diperlukan
  • Daya putar tambahan tersebut disalurkan ke roda-roda sehingga stir menjadi lebih responsif

  3. TRANSAXLE AUTOMATIC (Transmisi Otomatis/matic)
       Transmisi otomatis (matic) adalah transmisi yang melakukan perpindahan gigi percepatan secara otomatis. Untuk mengubah tingkat kecepatan pada sistem transmisi otomatis ini digunakan mekanisme gesek dan tekanan minyak transmisi otomatis. Pada transmisi otomatis, roda gigi planetari berfungsi untuk mengubah tingkat kecepatan dan torsi seperti halnya pada roda gigi transmisi manual. Keuntungan memakai transmisi matic daripada transmisi manual yaitu lebih efisian secara penggunaan dan lebih simpel dalam perawatan karena tidak menggunakan sistem kopling seperti yang digunakan oleh transmisi manual

4. SRS AIRBAG (Supplemental Restraint System Airbag)
    Sistem SRS Airbag adalah sistem keselamatan untuk melindungi kepala dan bahu saat terjadi tabrakan dengan cara mengembangkan kantong udara yang terletak dipusat stir dan dashboard penumpang.Fungsi Airbag adalah sebagai berikut :

  • Meredam energi kinetik penumpang/pengemudi
  • Melindungi penumpang dan pengendara dari benturan dengan interior trim
  • Melindungi penumpang dari pecahan kaca
  • Mengurangi tertekuknya leher
    Efek sistem keselamatan : Mengurangi resiko kecelakaan fatal (Data yang dikeluarkan oleh NHTSA : 1999)
Jika hanya menggunakan Seat belt (sabuk pengaman) : Tingkat berkurangnya adalah 45%
Jika menggunakan Airbag : Tingkat berkurangnya adalah 14%
Jika menggunakan Seat belt dan Airbag : Tingkat berkurangnya adalah 50%

5. ACTIVE PARK ASSIST 
    Sistem Active Park Assist yang terdapat pada mobil Ford Focus adalah sistem yang membantu pengemudi untuk memarkirkan mobil secara otomatis, jadi pengendara tidak perlu takut mobilnya akan lecet. Cara munggunakan sistem ini cukup mudah tinggal menekan tombol pada panel instrumen yang mengaktifkan sensor ultrasonik untuk memindai jarak yang cukup besar diantara mobil yang diparkir. Sistem ini dapat bekerja pada ruang sekurangnya 20% dari lebih dari panjang mobil secara keseluruhan. Saat parkir, pengemudi tak perlu lagi mengontrol stir. Roda kemudi akan bergerak otomatis berdasarkan komputer. Pengemudi hanya perlu mengontrol perseneling gigi, gas, dan rem dengan mengikuti petunjuk pada layar dan sinyal audio

6. ACTIVE CITY STOP (Berhenti secara otomatis)
    Sistem ini terdapat juga di Ford focus berfungsi membantu mengurangi resiko tabrakan pada kecepatan rendah (30km/jam). Sistem ini menggunakan sensor Light Detection And Rangigng yang terpasang bagian kaca depan. Sistem ini dapat memantau kendaraan atau halangandidepan mobil hingga jarak kurang lebih 7,6 meter
readmore »»  

Arti indikator dashboard pada mobil
























1. Battery Discharging : Jika indikator tersebut menyala saat mesin mobil hidup itu berarti ada yang tidak beres disistem pengisian mobil. coba cek sekering dinamo ampere (alternator), jika putus ganti. jika tidak putus kemungkinan brush pada alternator habis atau ada yang rusak didalam alternator

2. Door Ajar : Indikator tersebut akan menyala jika salah satu pintu tidak tertutup rapat
3. Drive's Seat Belt Unfastened : Lampu indikator tersebut akan menyala jika sabuk pengaman anda tidak digunakan
4. SRS (airbag) : Lampu Indikator tersebut akan menyala jika ada kerusakan di sistem SRS. Sistem SRS merupakan sistem keselamatan dini jika terjadi tabrakan atau kecelakaan. pengaman Airbag terpasang di stir dan didashboar penumpang sebelah kiri
5. Indikator Headlight  : Lampu indikator tersebut akan menyala jika anda menggunakan lampu besar jauh atau anda menggunakan lampu tembak (DIM)
6. Engine Malfunction : Lampu Indikator tersebut akan menyala jika terjadi kerusakan elektronik mesin dimobil. lampu tersebut memberitahukan pada pengendara ada kerusakan seperti kabel sensor putus, kesalahan tegangan pada sensor, sensor tidak dapat menerima signal komputer (PCM/ECU), dll
7. Power steering Malfunction : Lampu indikator tersebut akan meyala jika terjadi kerusakan disistem kemudi yang dilengkapi sistem power steering
8. Oil pressure low : Lampu indikator tersebut akan menyala jika level oli berkurang atau switch oli rusak
9. Indicator signal : lampu indikator tersebut akan berkedip jika anda membuka pintu, anda menggunakan lampu sein atau anda menyalakan lampu hazzard
10. Immobilizer System malfunction : Lampu indikator tersebut akan menyala jika sistem immobilizer mengalami kerusakan. Sistem Immobillizer adalah sebuah sistem management mesin didalam ECU (Electronik Control Unit/komputer yang mengatur sistem mobil) yang dapat mengenali sinyal yang dikirim dari kunci kontak. Hal ini melibatkan penempatan microchip dikepala kuncinya, dimana chip tersebut adalah sebuah transmitter dan receiver mini. Apabila sinyal tidak dikenali, maka ECU tidak akan mengirimkan arus sehingga mesin tidak dapat dinyalakan
11. Handbrake indikator : Lampu indikator tersebut akan menyala jika anda sedang menggunakan rem tangan/rem parkir (handbrake) atau ada kerusakan pada sistem kelistrikan handbrake biasanya terjadi pada switch/saklar handbrake.
12. Indikator ABS : Lampu indikator tersebut akan menyala jika ada kerusakan disistem ABS. Sistem ABS adalah rem anti terkunci. Sistem ini bekerja pada sistem pengereman untuk mencegah terjadi penguncian pada roda saat anda mengerem mobil mendadak.
13. Indikator Bahan Bakar : Lampu Indikator bahan bakar akan menyala jika level bahan bakar kurang dari yang dianjurkan atau bahan bakar habis
readmore »»  

Suzuki Swift Mogok


Jika anda mengalami hal seperti mobil yang dilengkapi central lock tiba-tiba mesin mobil gak bisa dihidupkan tapi bisa distarter, kemarin saya menerima keluhan dari pelanggan mobil suzuki swift habis ganti Dreg Laker atau yang lebih jelasnya laker kopling, mesin jadi gak bisa hidup tapi alarm atau central lock juga tidak berfungsi.....

ternyata central lock juga berhubungan dengan mesin,,, jika central lock rusak atau abnormal, mesin mobil juga tidak bisa dihidupkan....
kasus yang saya tangani kemarin hanyalah masalah sepele gara-gara baterai remote central lock habis, jadi central lock tidak berfungsi dan gara2 itu juga mesin mobil tidak bisa dihidupkan....
saya coba ganti baterai remote dengan yang baru, tapi jangan lupa bersihkan tempat baterai dengan amplas halus agar arus tegangan baterai tidak terhambat oleh kerak atau karat. central lock berfungsi mesin mobil pun juga hidup normal....
readmore »»